A. Profil Perushaan PT Swamedia Informatika
PT. Swamedia Informatika berdiri sejak tahun 1999, berkedudukan di
Bandung. Dengan motto innovative IT Solution, kepuasan klien menjadi misi kami.
Perusahaan ini menawarkan solusi teknologi information & communication
(infocom) yang inovatif dan komprehensif untuk memberikan hasil kerja yang
berkualitas handal (reliable), aman (secure), dan sesuai kebutuhan
(customized), tapi dengan harga yang sangat kompetitif.
Setelah satu dekade
berjalan, banyak hasil yang telah dicapai. Kemampuan, penguasaan
teknologi, dan pengalaman (portfolios) berkembang sangat signifikan. BUMN,
lembaga pemerintah, dan sektor swasta telah menggunakan jasa perusahaan ini,
dan Industri telekomunikasi adalah klien setia perusahaan.
Visi
Menjadi perusahaan
terkemuka yang mengedepankan kekuatan solusi dan kompetensi di
bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan kepuasan
stakeholders.
Misi
- Memberikan pelayanan terbaik
demi tercapainya kepuasan pelanggan dengan jaminan kualitas pekerjaan,
kecepatan, ketepatan, dan harga yang kompetitif.
- Meningkatkan kemampuan dan
mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia yang unggul dan dapat
dipercaya
- Mengoptimalkan penggunaan
teknologi yang handal (reliable), aman (secure), dan murah (low cost)
- Membangun pusat riset dan
pengelolaan portfolios perusahaan (library)
- Membangun kemitraan strategis dan bersinergi dengan klien maupun partner dengan prinsip saling menguntungkan.
Client:
- PT. Telekomunikasi Indonesia,
Tbk
- PT. Telekomunikasi Selular
- PT. Perusahaan Listrik Negara
- PT. Sigma Cipta Caraka
(Telkomsigma)
- PT. Media Nusantara Informasi
(MNI)
- PT. Perusahaan Gas Negara (PGN)
- Ritra Logistic
Partner:
- SoftwareAG
- Oracle Partner
- Tibco
- IBM
B. Jasa yang diberikan
oleh perusahaan
a. IT Consultant
Merupakan kemampuan perusahaan menyediakan layanan di bidang
konsultasi IT secara profesional untuk :
- Membantu klien dalam mengidentiifikasi
permasalahan dan menjawab perkembangan IT yang multi disiplin
- Menyusun kerangka acuan
(rencana induk) bagi pengembangan TI secara sistematis, bertahap dan
berkesinambungan agar sinergi terhadap siklus program kerja masing-masing
fungsi unit kerja
- Membantu merumuskan arsitektur
sistem TI, yang mencakup aspek bisnis, aplikasi, data, dan teknologi serta
kerangka kerja pengelolaannya agar dapat menjamin interkoneksi dan
interoperabilitas berbagai infrastruktur yang dibangun
b. Software Development
Merupakan layanan perusahaan untuk menyediakan solusi
di bidang riset dan pengembangan software secara customize, termasuk di dalam
lingkup tersebut adalah jasa perancangan, pengembangan aplikasi, hingga
implementasi dan pelatihan operasionalnya. Kemampuan, penguasaan teknologi, dan
pengalaman (portfolios) kami di bidang software development tidak perlu diragukan
lagi. BUMN, lembaga pemerintah, dan sektor swasta telah menggunakan jasa kami,
dan Industri telekomunikasi adalah klien setia kami.
c. System Integration
Merupakan layanan perusahaan untuk menyediakan solusi
di bidang jasa integrasi sistem informasi dan pengembangan-pengembangan
aplikasi solusi bisnis, seperti : ERP (Enterprises Resource Planning), CRM
(Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Mangement System) serta
Business Intelligence System.
d. System Operation
& Maintenance
Merupakan bidang jasa yang dimaksudkan untuk membantu mitra bisnis
dalam mengelola sistem informasi, sehingga mitra bisnis dapat lebih
berkonsentrasi dalam menjalankan bisnisnya, dibanding harus selalu menyediakan
resource untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi.
C. Informasi Portfolio
Perusahaan
Pada tahun 2017
perusahaan ini telah mengambil sejumlah proyek yaitu:
- Aplikasi Rekonsiliasi Payment Center- PT. PNM
- Aplikasi Settlement Monitoring Tools Cabang – PT. Jasa
Marga
- TiBS 2.0 Upgrade – PT Telkom (with Telkomsigma)
- Enhancement HCM Shared Service & aplkasi satellite
HCM – PT. Telkom
- Integrasi SOM-NOSS, EAI Dev dan SOA Dev – PT. Telkom
(with Telkomsigma)
- Support Operasional SOA Orchestration – PT Telkom
- Operasional & Maintenance Aplikasi SOKI 2017,
Askitel
- Operasional & Maintenance Aplikasi ICA-CB 2017,
Telkomsel
- Enhancement ICA-CB 2017 – Telkomsel
- Aplikasi Service Delivery Platform (SDP) e-Logistic
LALP e-Commerce – Telkom Miles
- Aplikasi Media Rating Analytics – Telkom DDSl
C. Produk
1. Bill-X
Bill-X
dibangun dengan front end berbasis web sehingga memudahkan user dalam kegiatan
operasional dan maintenance, serta core system yang dibangun secara modular
sehingga lebih flexible dan adaptif terhadap perubahan baik regulasi maupun
kebutuhan bisnis yang berkembang.
Setiap
tahapan billing dapat diaktifkan atau di-deaktifasi secara mudah dan dapat
dimonitor performansinya, serta dilengkapi dengan informasi log pada setiap
tahapan untuk memudahkan audit trail terhadap tahapan proses billing.
Sistem ini
diharapkan dapat memberikan konsistensi dan akurasi hasil billing yang optimal
sehingga potensi kehilangan data dapat dihindari.
2. Silicon
Manager
Silicon
Manager atau sistem billing dan rekonsiliasi content merupakan sistem aplikasi
yang dibangun untuk menyediakan solusi powerfull bagi siapapun yang
berkecimpung dalam bisnis content. Seperti layaknya sebuah media center, sistem
ini dilengkapi dengan fasilitas untuk menjalankan berbagai aktivitas berkaitan
dengan kegiatan operasional dan support bisnis content.
Fungsi-fungsi
yang disediakan antara lain mulai dari loading dan penyimpanan data, pengolahan
& reporting billing, collection, tunggakan, rekonsiliasi dan revenue
sharing content dari berbagai layanan content, tidak terbatas hanya layanan
SMS, WAP & RBT, tetapi juga untuk next content, seperti: MMS dll.
Sistem ini
dirancang untuk dapat mengcover dan
menyederhanakan secara sistematis & otomatis bisnis proses settlement
content dan rekonsiliasi antara network provider dengan content provider, juga
diantara content privider itu sendiri.
Sistem ini
dilengkapi dengan tools Content Management System menyangkut data-data
informasi profile Content Provider, layanan yang diselenggarakan, informasi
content beserta revenue sharing setiap content sebagaimana yang tercantum dalam
perjanjian kerja sama.
3. Easy
workflow
Easy
workflow merupakan sebuah workflow engine yang didesain agar mudah digunakan
oleh user dengan features yang powerful.
Dengan
easy workflow, user akan dengan mudah
mendefinisikan maupun merancang form dan workflow yang dibutuhkan, dapat
menginisiasi sebuah transaksi dari sebuah workflow yang telah dirancang,
melakukan approval, maupun melakukan pemantauan transaksi serta pembuatan
laporan disertai grafik yang mencakup informasi ukuran (measure) dari
masing-masing transaksi meliputi status, waku tunda, waktu eksekusi, maupun
total waktu yang dipakai.
4. R-CROSS
R-CROSS
adalah produk yang di rancang untuk menjawab kebutuhan replikasi data yang
mampu menangani perpindahan data dan integrasi aplikasi berbasis Oracle Database.
R-CROSS merupakan solusi replikasi yang bekerja di luar rentang beban database,
sehingga memungkinkan sistem bekerja tanpa pengaruh sedikitpun pada performansi
legacy system.
5. Mobile
Advertising
Mobads
merupakan salah satu release product dari Swamedia di bidang mobile
application. Aplikasi ini dapat ditanam dibeberapa merk dan jenis handphone dan
atau PDA yang banyak dijumpai dipasaran.
Mobads
akan memudahkan penggunanya untuk melakukan beberapa aktivitas, seperti
mengirim iklan, melakukan request atau mencari iklan sesuai dengan kategori
atau kriteria yang diinginkan, juga mendownload beberapa iklan sekaligus ke
dalam handphone penggunannya.
Menu-menu
navigasi yang disediakan lebih interaktif dan sangat memudahkan user, tersedia
dalam versi teks dan gratis.
6. News
Summary and Analysis Tools
Sistem
aplikasi yang dapat mengelola pengarsipan secara elektronik berbagai informasi
dari media baik media cetak (koran, majalah, tabloid, dll), media elektronik
(TV, radio), dan media online.
Pengelolaan
informasi dirancang dalam kelompok-kelompok sebagai berikut:
- Daily
Management Summary
- Bank of
Statement
- Headline
- Indeks
- Kliping
- Analisis
Sistem ini
juga dilengkapi dengan kemampuan navigasi yang user friendly dan fasilitas
pencarian canggih untuk mebantu user mendapatkan informasi secara cepat serta
fasilitas untuk kebutuhan analisa yang disertai dengan informasi statistik dan
grafik.
D. Case Study System Integration di PT Telkom
Di
PT. Telkom telah terdapat berbagai jenis platform mulai dari Customer
Management System, Product management system, Billing dan Payment System, Task & Work
management systemm, DWH, Analytsic dan Executive Information System dan SAP (HR
& FI/CO).
Sistem
Integrasi Telkom adalah rancang bangun dan implementasi Integrasi antar sistem
Aplikasi yang ada di Telkom beserta proses bisnisnya dalam mendukung bisnis
Telkom kedepan. Dengan diintegrasikannya antar sistem aplikasi di Telkom,
diharapkan dalam melayani dan mensolusi kebutuhan customer akan menjadi relatif
mudah, fleksibel dan cepat. Untuk mendukung ini semua maka dibutuhkan metode,
aplikasi dan bisnis proses yang tepat.
Dengan
telah diimplementasikannya Sistem Integrasi Telkom (EAI) untuk menangani
integrasi antara CCF-SCMT-SBF-MSPG/HLR-SAP, dan lainnya serta dengan seringnya
perubahaan bisnis proses pelayanan ke customer khususnya terhadap
aplikasi-aplikasi di atas, serta perubahan pola penanganan customer dalam
menghadapi pesaing-pesaing untuk memenangkan bisnis ke depan, termasuk
penambahan produk-produk dan fitur-fitur baru yang harus dapat diantisipasi
olesh sistem pendukungnya.
Sistem
Integrasi memainkan peranan vital dalam berjalannya keseluruhan proses bisnis
produk dan layanan Telkom, mulai dari Wireline/Speedy, Wiress Flexi, maupun
NonPOTS. Tidak ada produk dan layanan Telkom yang disupport oleh single sistem/application.
Dibutuhkan lebih dari satu sistem untuk dapat menyediakan produk dan layanan
terpadu dan konvergen, sebagaimana bisnis menghendaki penyediaan produk dan
layanan-layanan packaging dan bundling meningkatkan nilai kompetitif di pasar.
Pada
situasi seperti ini, peran sistem integrasi sebagai broker maupun business
processer manager sangat penting. Sistem integrasi dapat memfasilitasi
pemanfaatan modul, fungsi, ataupun servvice dari suatu sistem aplikasi untuk
dipakai oleh sistem aplikasi lainnya. Dalam kondisi lebih komplek, proses
bisnis, flow service dan pengendalian delivery suatu produk dan layanan yang
melibatkan berbagai macam sistem aplikasi dapat dilakukan.
Merespon
kebutuhan pelanggan dan kompetisi saat ini, beberapa modul; fungsi; dan service
dari beberapa sistem aplikasi dapat dirangkai menjadi suatu produk dan layanan
baru, atau yang umum disebut composite application. Ini menunjukkan bahwa
Sistem Integrasi memainkan peranan yang sangat penting dalam menyediakan sistem
dukungan produk dan service Telkom.Sejak Tahun 2009, kami telah menjadi SI
Partner SoftwareAG sebagai principal dari webMethods, tools middleware yang
digunakan di Telkom untuk Sistem Integrasi.
E. Omset
Perusahaan
Perusahaan
telekomunikasi ini mengalami kerugian sebesar Rp 1,10 triliun di 2011. Nilai
kerugian ini naik tinggi dibandingkan 2010 yang sebesar Rp 482 miliar. Direktur
Utama PT Swamedia Informatika, Muclis Hadi mengatakan, sepanjang 2011, omzet
atau pendapatan perusahaan mencapai Rp 4,97 trilion.
Pendapatan
ini turun 9,9% dibandingkan 2010 yang sebesar Rp 4,97 triliun. Di tahun 2012,
pendapatan dari bisnis voice berkontribusi sekitar 50,8% atau sebesar Rp 2,51
triliun. Sedangkan bisnis data tumbuh 142% dari Rp 143 miliar di tahun 2011
menjadi Rp 516 miliar di akhir 2012.
Pada
2012, rata-rata pendapatan per pelanggan Swamedia Informatika ini juga
mengalami kenaikan yang sangat drastis dari Rp 40 ribu per bulan menjadi Rp 91
ribu per bulan. Adapun total pelanggan dari PT Swamedia Informatika di akhir
tahun 2012 mencapai 18,66 juta pelangana.
Source:
http://www.swamedia.co.id/
http://antoniuspsk.blogspot.com/2013/10/perusahaan-yang-bergerak-di-bidang.html
0 Response to "Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bisnis Informatika"
Posting Komentar